Senin, 04 Januari 2021

Libur Akhir Tahun

 

Foto: Pexels.com (by Vlada Karpovich)


Bismillah

Tahun 2020 memang luar biasa ya. Pasti kita nggak akan mudah lupa dengan tahun ini. Pandemi COVID-19 yang melandan dunia, termasuk negara kita, belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Kita masih harus hidup berdampingan dengan virus corona ini entah sampai kapan. Yang penting jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan ya, teman-teman. Selalu memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjauhi kerumunan saat beraktivitas di luar rumah.

Perhatikan juga protokol VDJ (Ventilasi-Durasi-Jarak) saat berada di ruangan tertutup seperti mall, toko, restoran, bank,  dan kantor. Jangan terlalu lama berada dalam ruangan tertutup yang sirkulasi udaranya buruk (tidak ada cukup ventilasi udara). Sebaiknya batasi makan di luar rumah. Lebih baik menggunakan jasa layan antar makanan atau pesan makanan dan dimakan di rumah.

Libur akhir tahun biasanya menjadi kesempatan untuk berjalan-jalan ke tempat wisata atau berkumpul dengan keluarga besar. Tetapi karena bahaya COVID-19 masih mengancam, tolong pikirkan baik-baik ya, kalau teman-teman tetap ingin melakukannya. Sebaiknya kita tetap di rumah saja dan tidak pergi ke daerah lain, apalagi yang masih merupakan zona merah.

Seandainya memang harus pergi, jangan lupa ikuti peraturan pemerintah ya, ikut tes swab atau PCR sebelum teman-teman melakukan perjalanan. Jangan sampai kita malah menjadi carrier dan menularkannya pada orang-orang tercinta kita.

Saya pribadi, sih, memilih tetap tinggal di rumah saja. Memang rasanya sudah mulai bosan, sih, karena sudah sekitar 10 bulan nggak ke mana-mana. Tapi kalau melihat berita kalau rumah sakit-rumah sakit mulai penuh dengan pasien COVID, dan melihat betapa lelahnya para petugas medis, rasanya saya lebih baik tinggal di rumah saja. Paling tidak itu yang bisa saya lakukan untuk membantu para petugas medis.

Liburan di rumah juga bisa tetap menyenangkan, lho. Paling tidak untuk saya, ya.

Baca juga Merayakan kemerdekaan di Tengah Pandemi

Saat libur akhir tahun kemarin,  saya bisa nonton koleksi DVD drakor saya secara maraton sambil menikmati camilan dan kue-kue. Saya juga bisa mulai membaca kumpulan cerbung yang saya kumpulkan dari grup menulis di FB, menulis artikel untuk dikirimkan ke web media daring, menulis di blog saya, dan menyelesaikan naskah untuk buku antologi saya.

Saya juga menghabiskan waktu bersama putri saya. Kami bisa bermain board game, membahas buku cerita yang kami baca bersama, dan membuat holiday project bersama. Kami juga bisa bertukar pikiran membahas hal-hal apa yang sedang up-to-date sekarang.

Kegiatan lain yang bisa saya lakukan bersama putri saya adalah memasak bersama. Kami membongkar kumpulan resep yang saya miliki dan mencoba mengeksekusi beberapa resep yang tidak terlalu sulit. Dan kami sangat suka dengan hasilnya.

Nah, benar kan. Liburan di rumah juga bisa tetap seru, kok. Bagaimana dengan teman-teman? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak

  Orang tua pasti menyayangi   dan menginginkan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Sayangnya tanpa disadari masih banyak orang tua yang m...

Postingan Populer