Sabtu, 21 November 2020

Tempat-Tempat yang Ingin Saya Kunjungi untuk Berwisata Kuliner

 


Foto: unsplash.com (by Louis Hansel)




Bismillah

Tema minggu ke-3 adalah menyebutkan beberapa tempat yang ingin saya kunjungi setelah pandemi.

Ini agak sulit buat saya. Karena saya bukan tipe orang yang senang jalan-jalan, ditambah dengan kondisi sekarang yang tidak memungkinkan kita untuk berjalan-jalan juga, saat ini saya tidak punya tempat yang ingin  saya kunjungi .

Saya lebih suka bersantai di rumah, membaca buku bagus ditemani segelas coklat hangat, atau nonton drakor sambil nyemil makanan ringan.

Tapi karena ini tantangan, mari lakukan saja.

Indonesia sangat kaya akan budaya dan kuliner khas daerahnya. Karena saya suka makan, saya akan membahas beberapa tempat yang ingin saya kunjungi karena kulinernya. 

Baca juga postingan saya di minggu ke-2 Yang Tak Terlupakan Setelah Bertahun-Tahun


Inilah tempat-tempat yang ingin saya kunjungi

Yogyakarta

        Foto: travel.kompas.com

Yogyakarta adalah salah satu kota wisata yang cukup terkenal di Indonesia. Saya ingin berkunjung ke kota ini lagi karena ingin melakukan wisata kuliner di sana. Saya pernah berkunjung ke Yogya waktu saya masih kecil. Tapi dulu saya tidak punya kesempatan untuk berwisata kuliner. Beberapa menu khas Yogya yang ingin saya coba antara lain:

Sate Klathak

Keunikan Sate Klathak terletak di tusuk satenya. Sate Klatak tidak menggunakan tusuk sate dari bambu seperti sate pada umumnya, tapi menggunakan tusukan besi  jeruji sepeda. Potongan dagingnya juga lebih besar dibandingkan potongan daging sate lain. Karena itu satu porsi Sate Klathak biasanya hanya terdiri dari 2 sampai 3 tusuk saja.

Soto Bathok

Soto ini menjadi unik karena penyajiannya tidak menggunakan mangkuk seperti soto pada umumnya, tapi menggunakan bathok (tempurung) kelapa yang sudah diubah menjadi mangkuk. Isinya adalah nasi, potongan daging sapi, dan taoge, yang kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan ditaburi dengan potongan seledri dan bawang goreng.

Dan masih banyak lagi kuliner Yogya yang ingin saya nikmati saat bisa berkunjung ke kota tersebut.

 

 Bekasi

Foto: news.detik.com

Walaupun kota Bekasi luar biasa panasnya, tapi kota ini mempunyai segudang kuliner lezat yang patut dicoba. Saya tahu karena saya pernah tinggal di kota ini selama 12 tahun sebelum saya pindah ke Bandung.

Di Bekasi, wisata kuliner bisa dilakukan sepanjang hari. Salah satu makanan favorit suami dan saya adalah Soto Mi Daging. Tukang soto ini kebetulan berjualan di depan komplek perumahan tempat kami tinggal dahulu, setiap pagi hingga siang. 

Pada malam hari, di jalan Kalimang juga ada penjual Ketoprak yang luar biasa enak, bahkan sempat masuk majalah kuliner yang lumayan terkenal pada saat itu. Pada sore hari, kami bisa membeli Bubur Ayam Pagi-Sore yang lumayan unik, karena buburnya dicampur dengan potongan kentang rebus, sehingga memberikan tekstur yang berbeda dengan bubur ayam pada umumnya. Pada malam hari selain ketoprak, ada juga penjual Ayam Goreng Valentine yang rasanya luar biasa enak. Rahasianya adalah tahu, tempe, berbagai sate dan ayamnya selalu dicelup ke dalam bumbu khusus ala penjualnya sebelum digoreng. Dan tidak lupa tambahan taburan kremesan yang gurih, sehingga sudah nikmat hanya dimakan dengan nasi putih saja.

Dan masih banyak lagi berbagai kuliner sedap yang bisa dinikmati di Bekasi.

Wah, saya jadi kangen Bekasi. Eh, lebih tepanya kangen kulinernya, sih. Soalnya kalau bicara soalnya panasnya, rasanya saya bakal nyerah, deh, kalau harus kembali tinggal di sana.

 

Semarang

Foto: goodnewsfromindonesia.id

Nah, kalau yang ini adalah kampung halaman suami saya. Tapi saya pernah berkunjung ke sana beberapa kali. Beberapa makanan khas Semarang yang pernah saya coba adalah Babat Gongso, Soto Bangkong, Tahu Gimbal, Bandeng Presto dan Lumpia Semarang.

Semua masakan tadi enak. Dan menurut suami, masih banyak lagi kuliner di Semarang yang bisa dicoba saat nanti kami pergi ke Semarang lagi.

 

Nah, itulah 3 kota yang menurut saya perlu dikunjungi setelah pandemi ini berlalu. Mudah-mudahan si COVID ini segera hilang dari bumi pertiwi ini sehingga kita bisa bebas berjalan-jalan dan berwisata kuliner lagi.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak

  Orang tua pasti menyayangi   dan menginginkan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Sayangnya tanpa disadari masih banyak orang tua yang m...

Postingan Populer