Rabu, 13 Januari 2021

Inilah 5 Hal yang Paling Saya Syukuri Saat Ini

 

Foto: Unsplash.com (by Kiy Turk)

 Bismillah

 

Masih dalam rangka berusaha konsisten dengan tantangan ‘One Week One Post’, hari ini saya akan membahas tema di minggu ke-5 yaitu bersyukur.

Banyak orang menghabiskan waktu untuk mencari kebahagiaan, ada yang berhasil menemukan kebahagiaannya tapi banyak juga yang masih mencari. Berdasarkan pengalaman saya, ternyata bahagia itu tidak bisa dipisahkan dengan rasa bersyukur. Kita bisa merasa bahagia saat kita bisa menerima keadaan kita sekarang dan kita mensyukuri apa-apa yang sudah kita miliki. Karena rasa kecewa, dengki dan ketidakpuasan kita adalah hal-hal yang membuat kita tidak bahagia. Oleh karena itu, kita harus bisa bersyukur terlebih dahulu sebelum bisa merasa bahagia.

Sebenarnya sangat banyak hal-hal yang harus saya syukuri. Tapi di sini saya hanya akan membahas 5 saja.

 

5 hal yang paling saya syukuri adalah:

1.       Saya dan Keluarga dalam Keadaan Sehat

Di masa pandemi yang masih berlangsung entah sampai kapan ini, bila kita masih sehat sampai sekarang itu rasanya sudah senang dan bersyukur banget. Setiap hari membaca berita tentang naiknya jumlah penderita COVID-19, dan bertambah banyak juga yang meninggal, membuat saya bersyukur karena saya dan keluarga tetap sehat sampai sekarang.

Usaha yang kami lakukan sampai saat adalah sebisa mungkin tinggal di rumah saja, tidak keluar rumah kalau tidak perlu, selalu mengikuti protokol kesehatan 3M bila harus beraktivitas di luar rumah, dan tidak liburan atau jalan-jalan keluar kota.

Selain menjaga kesehatan fisik, saya dan keluarga juga menjaga kesehatan mental dengan fokus pada kegiatan-kegiatan yang positif, menyaring berita yang beredar, dan yang paling penting adalah selalu berdoa dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Karena kesehatan yang harus kita jaga bukan hanya fisik saja tapi juga kesehatan mental.


2.       Mempunyai Keluarga yang Suportif

Perjalanan hidup manusia tidak ada yang mudah. Semua orang pasti mempunyai masalah dalam kehidupannya. Saat menghadapi masalah, kita butuh dukungan dari orang-orang terdekat kita. Dan saat kita memiliki keluarga yang suportif, selalu mendampingi kita dalam suka maupun duka dan selalu mendukung usaha kita, itu adalah anugrah yang luar biasa.


3.       Masih Bisa Produktif dari Rumah

Walaupun sejak bulan April 2020 saya sudah tidak mengajar lagi, tapi saya tetap bersyukur karena saya masih bisa produktif dari rumah.

Hikmah dari adanya pandemi ini adalah saya jadi punya kesempatan untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan putri saya, dan juga bisa mengikuti beberapa kelas daring untuk mempelajari beberapa ketrampilan baru.

Saya ikut kelas menulis artikel dan sekarang menjadi kontributor artikel di beberapa media online, walaupun belum rutin, sih. Lalu saya memberanikan diri untuk ikut tantangan menulis dari Makmood Publishing dan tanpa diduga saya menjadi juara 2 dalam tantangan tersebut.

Saya ikut beberapa kelas antologi dan buku antologi saya yang pertama sudah terbit di tahun 2020, sementara beberapa buku lagi insyaallah akan terbit di tahun ini.

Yang lebih seru lagi adalah saya mulai nge-blog setelah saya ikut kelas Membuat Blog untuk Pemula. Punya blog itu ternyata menyenangkan, ya. Kita bisa berbagi banyak hal baik melalui blog kita. Dan kita tidak pernah tahu siapa yang akan tersentuh oleh tulisan kita. Itu akan menjadi momen yang sangat menyenangkan buat saya.


4.       Berkenalan dengan Orang-Orang Baik

Selama pandemi saya telah bergabung dengan beberapa komunitas daring. Di sana saya bertemu dengan teman-teman baru yang sangat suportif dan saling menginspirasi walaupun kami sama sekali belum pernah bertemu di dunia nyata. Saat kami mengerjakan sebuah proyek bersama, kami akan saling membantu dan saling mendukung. Saya belajar banyak dari mereka.

Berada di komunitas yang auranya positif sangat penting saat kita menghadapi saat sulit. Aura positif ini akan menyebar menaikkan semangat kita untuk berkarya. Jadi selama pandemi saya memutuskan untuk menjaga jarak dengan orang-orang negatif dari masa lalu saya. Saya berusaha lebih sering berinteraksi dengan orang-orang yang lebih senang fokus berkarya daripada cuma nyinyir atau julid dengan kehidupan orang lain.


5.       Punya Kesempatan untuk Mengembangkan Potensi Diri

Hikmah lain dari pandemi ini untuk saya adalah sekarang saya bisa fokus untuk mengembangkan potensi diri sendiri. Kalau dulu saya selalu ragu dan tidak percaya diri saat akan melakukan suatu hal baru, sekarang saya punya banyak waktu untuk mengeksplor kemampuan dan potensi saya sendiri.

Saya menikmati saat-saat keberhasilan kecil saya dalam mempelajari hal-hal baru yang dulu tidak terpikir untuk saya lakukan.

Nah, itulah 5 hal yang sangat saya syukuri pada saat ini. Sebenarnya masih banyak lagi hal yang harus saya syukuri, tapi tidak akan saya bahas di sini.

Intinya adalah bahwa kita harus selalu bersyukur bagaimana pun keadaan kita. Yang saya pelajari dari pandemi ini adalah bahwa hidup itu pilihan. Kita bisa memilih antara selalu bersyukur dengan kondisi kita atau mengeluh karena merasa banyak hal tidak bisa kita dapatkan. Dan apa pun pilihan kita, kita sendiri yang akan merasakan akibatnya.


Baca juga postingan saya di minggu ke-4: Lagu-Lagu Favorit 

 

 

 

2 komentar:

Postingan Terbaru

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak

  Orang tua pasti menyayangi   dan menginginkan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Sayangnya tanpa disadari masih banyak orang tua yang m...

Postingan Populer