Bismillah
Digital Branding secara umum bisa diartikan sebagai usaha melakukan Personal Branding secara online. Personal branding adalah suatu cara membangun image seseorang atau suatu produk kepada target yang dituju. Misalnya bila Anda suka menulis dan ingin dikenal sebagai penulis, tentunya Anda harus sering menunjukkan hasil tulisan Anda supaya orang mengenal Anda sebagai penulis. Tanpa adanya bukti yaitu hasil tulisan Anda, siapa yang akan menyangka kalau Anda bisa menulis?
Nah, personal branding yang dilakukan melalui media sosial inilah yang kita sebut Digital Branding. Jadi kita
hadir di komunitas digital membawa citra atau image yang ingin kita tampilkan
kepada publik.
Tujuan Digital Branding adalah membentuk citra atau image
seseorang atau suatu produk agar bisa dikenal masyarakat luas. Karena itu ada
beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan Digital Branding.
1.
Tunjukkan Identitas
Saat berinteraksi di media sosial, tunjukkan identitas kita.
Maksudnya bagaimana? Kita ingin dikenal sebagai apa? Penulis, pedagang online,
atau yang lain? Dengan begitu saat kita berkenalan dengan orang-orang baru atau
masuk ke komunitas baru di media sosial, mereka tahu identitas kita.
2.
Tentukan Visi dan Misi
Tentukan visi dan misi kita terlebih dahulu. Apa tujuan dan
alasan kita ingin dikenal publik? Misalnya kita ingin dikenal sebagai penulis.
Apa tujuan kita menulis? Ingin dikenal sebagai penulis artikel yang kompeten,
penulis fiksi atau hanya ingin berbagi pengetahuan saja? Bila ingin dikenal
sebagai penjual online yang selalu merespon dengan baik dan ramah, ya tunjukkan sikap itu. Tetap bersikap baik
dan ramah saat calon pembeli tidak jadi membeli produk kita padahal sudah
bertanya macam-macam. Saat sudah tahu misi dan misi dari personal branding
kita, akan lebih mudah membuat konsep digital branding-nya.
3.
Bangun network
Bergabung dengan komunitas-komunitas yang sesuai dengan
personal branding kita. Usahakan membangun hubungan yang baik dengan
orang-orang yang mempunyai minat yang sama atau yang mungkin membutuhkan jasa
kita. Semakin luas network yang kita miliki semakin baik. Kita tidak pernah
tahu kapan membutuhkan jasa teman-teman kita atau sebaliknya.
4.
Buat karya yang berkarakter
Begitu juga bila kita ingin dikenal sebagai desain grafis. Tentunya
kita harus membuat karya-karya dengan ciri khas kita sendiri dan jangan sekedar
meniru karya orang lain.
5.
Konsisten
Yang terakhir tapi bukan tidak penting adalah konsisten. Pada
awalnya mungkin tidak mudah memperkenalkan diri atau produk kita kepada publik.
Apalagi jika kita adalah pemain pemula. Yang harus kita lakukan adalah
konsisten dalam melakukan digital branding ini. Kita harus sabar dan tidak
mudah menyerah. Banyak orang yang ingin cepat mendapat hasilnya sehingga saat
mereka baru melakukannya sebentar dan hasilnya belum terlihat, mereka sudah
patah semangat dan menyerah. Bila kita bisa konsisten maka akan ada saatnya nanti
kita mendulang kesuksesan, yaitu saat personal branding kita sudah terbentuk
dan masyarakat umum sudah mengenal siapa kita.
Nah, itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan
digital branding. Semoga bermanfaat, ya.
Tulisan ini Diikutsertakan dalam 30 Days Writing Challenge
Sahabat Hosting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar