Rabu, 20 Januari 2021

Teman Terbaik

Foto: bernas.id
 


 

Bismillah

Sebagai makhluk sosial, semua orang pasti punya teman. Minimal disebut teman karena memiliki  persamaan seperti teman kantor, teman kuliah, teman sekolah, dan lain-lain. Orang bisa punya banyak teman, tapi biasanya hanya beberapa saja yang bisa disebut teman baik atau sahabat.

Anak-anak cenderung memiliki lebih banyak teman dibanding orang dewasa karena mereka lebih mudah percaya pada orang lain. Terutama bila anak tersebut sudah dibiasakan bertemu dengan banyak orang sejak ia masih kecil.

Saya bukan termasuk orang yang mudah mendapat teman selain dari teman-teman yang memiliki kesamaan tadi. Tapi saya bersyukur karena bisa punya beberapa teman terbaik alias sahabat. Ada beberapa kriteria yang menurut saya perlu dimiliki seseorang agar bisa disebut sebagai teman terbaik atau sahabat.

 

1.       Bisa Dipercaya

Untuk bisa disebut sebagai sahabat, orang itu harus bisa dipercaya. Maksudnya bagaimana? Yah, misalnya saya menceritakan masalah saya pada seseorang, tentunya saya tidak berharap orang tersebut akan menyebarkan masalah saya itu kepada orang banyak bukan. Harapan saya saat berbagi masalah dengan seseorang,  agar saya bisa mendapat masukan atau sudut pandang lain. Seandainya orang tersebut belum bisa memberikan masukan, minimal ia mau mendengarkan dan memberi dukungan. Jadi kepercayaan sangat penting bagi saya untuk memulai persahabatan.

 

2.       Menemani pada Masa-Masa Sulit

Banyak orang mau berteman dengan kita saat kita sukses. Tapi mungkin hanya sedikit yang mau berteman dengan kita saat kita dalam masa sulit. Teman terbaik atau sahabat adalah mereka yang mau tetap berteman dan mendampingi saya saat saya dalam masa sulit. Karena masa sulit akan lebih mudah dilalui saat kita tidak merasa kalau kita sendirian. Sahabat tidak akan meninggalkan kita sendirian dalam kesulitan.

 

3.       Memberi Dukungan

Salah satu kelemahan saya adalah rasa kurang percaya diri. Saat saya hendak melakukan sesuatu seperti mengikuti lomba atau tantangan, saya sering merasa tidak mampu melakukannya. Jadi terkadang saya membutuhkan dukungan atau dorongan dari orang-orang di sekitar saya. Sahabat adalah mereka yang mau melakukan ini untuk saya. Tentunya saya juga akan melqaukan hal yang sama untuk mereka.

 

4.       Jujur

Ini juga salah satu sifat yang harus dimiliki seorang sahabat. Kita tidak mau dibohongi orang, bukan? Apalagi sampai dibohongi orang yang sudah kita anggap sahabat. Walaupun kejujuran terkadang menyakitkan, tapi itu lebih baik dari pada kebohongan yang terdengar manis di awal, tapi pada akhirnya akan menyakitkan.

 

Itulah beberapa kriteria yang menurut saya harus dimiliki seorang sahabat. Saya juga akan melakukan hal yang sama pada sahabat-sahabat saya. Tapi dengan bertambahnya usia, saya juga belajar bahwa sangat penting bagi kita untuk bersahabat dengan orang-orang soleh/soleha. Mereka adalah orang-orang yang selalu mengajak kita kepada kebaikan, saling membantu dalam kebaikan, saling mendoakan, dan berani menegur saat kita berbuat kesalahan.

 

Dengan berkumpul dan berteman dengan orang-orang soleh maka diharapkan sifat soleh mereka akan menular pada kita. Seperti yang dikatakan dalam sebuah hadis:

 

عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “مَثَلُ الجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ، كَحَامِلِ المِسْكِ وَنَافِخِ الكِيرِ، فَحَامِلُ المِسْكِ: إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الكِيرِ: إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً

 

Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau  mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar  pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk”.[HR. Bukhari dan Muslim]

 

Sebaik-baiknya teman adalah teman yang selalu mengajak kita kepada kebaikan. Sebaik-baiknya persahabatan adalah persahabatan yang sampai ke surga dan kekal selamanya. Karena itu kita harus cerdas dalam memilih teman baik.

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 Days Writing  Challenge Sahabat Hosting

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak

  Orang tua pasti menyayangi   dan menginginkan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Sayangnya tanpa disadari masih banyak orang tua yang m...

Postingan Populer