Kamis, 03 September 2020

Perhatikan 4 Hal Berikut Saat Memilih Skincare Yang Sesuai

 

Foto: unsplash.com


 

 Halo Sahabat Bunda!

Semua wanita pasti ingin tampil cantik alami tanpa terlalu banyak polesan make-up. Karenanya mereka butuh perawatan kulit yang sesuai agar kulit, terutama kulit wajah, terlihat sehat, kencang dan mulus. Apalagi sekarang, di mana terdapat berbagai macam merek produk perawatan kulit (skincare), dari yang harganya mencapai ratusan juta rupiah sampai yang hanya puluhan ribu rupiah saja. Bagaimana cara memilih  yang sesuai untuk Anda, karena bila Anda salah memilih produk maka bisa jadi kulit wajah Anda malah akan bermasalah. Karenanya disini akan dibahas beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memilih skincare.

 

1.       Jenis Kulit

Perhatikan jenis kulit Anda. Secara umum, ada 4 jenis kulit; yaitu kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi dan kulit sensitif. Tentunya kebutuhan dari masing-masing jenis kulit ini berbeda satu dengan lainnya.

Orang dengan kulit berminyak cenderung terlihat awet muda, karena wajahnya tidak cepat berkeriput. Tapi mereka rentan dengan masalah-masalah kulit seperti jerawat, komedo dan pori-pori besar. Maka pelembab yang digunakan untuk kulit berminyak harus yang berbentuk gel atau lotion, tidak boleh menggunakan pelembab yang mengandung minyak.

Masalah bagi kulit kering adalah mereka lebih rentan terhadap keriput. Bila tidak dirawat dengan baik, wajah pemilik kulit kering bisa terlihat kusam dan tidak segar. Mereka butuh pelembab yang lebih banyak daripada orang dengan kulit berminyak.

Kulit kombinasi biasanya merupakan gabungan antara kulit berminyak dan kulit kering. Area wajah seperti dagu, hidung dan dahi berminyak, sementara bagian wajah yang lain berkulit kering. Perawatan untuk kulit kombinasi juga berbeda dengan perawatan kulit berminyak dan kulit kering.

Yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati saat memilih skincare. Bila tidak cocok dengan produk yang dipakai, wajah bisa memerah dan gatal atau bahkan mengelupas. Perhatikan apakah Anda alergi dengan skincare yang akan digunakan.

Bila Anda tidak yakin dengan jenis kulit yang Anda miliki, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

 

2.       Komposisi Produk

Setelah mengetahui jenis kulit Anda, perhatikan juga komposisi produk skincare yang hendak Anda pakai. Pastikan kalau produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk kulit seperti merkuri atau hidrokuinon. Anda juga harus yakin produk tersebut tidak mengandung bahan yang membuat Anda alergi. Bila memungkinkan, pilihlah produk skincare yang dibuat dari bahan-bahan alami, karena produk ini biasanya cenderung lebih aman untuk kulit.

 

3.       Masa Kedaluarsa dan BPOM

Ini sangat penting ya. Jangan pernah memakai produk skincare yang sudah kedaluarsa. Jadi, saat hendak membeli skincare, perhatikan apakah produk tersebut ada tanggal kedaluarsanya. Begitu juga setelah Anda merasa cocok dengan skincare tersebut.  Walaupun masih ada, tapi bila sudah melewati batas aman pemakaiannya, jangan gunakan lagi. Lebih baik dibuang saja dan beli yang baru.

Perhatikan apakah produk tersebut memiliki ijin BPOM atau tidak. Produk yang sudah memiliki ijin BPOM berarti aman untuk digunakan. Tetap waspada karena terkadang ada juga produsen nakal yang memalsukan ijin BPOM.

 

4.       Sesuaikan dengan Anggaran Belanja

Terakhir, perhatikan harga produk skincare yang hendak Anda beli. Bila anggaran belanja anda tak terbatas, mungkin tidak ada masalah. Tapi bila dana Anda terbatas, batasi pengeluaran Anda sehingga keuangan Anda tidak berantakan. Yang harus diingat, harga bukan penentu utama skincare tersebut bagus atau tidak. Yang penting adalah menemukan skincare yang cocok dengan Anda yang harganya terjangkau. Perawatan wajah yang sesuai dengan Anda akan membuat wajah sehat dan cantik.

 

Nah, itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat Anda hendak memilih produk skincare. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak

  Orang tua pasti menyayangi   dan menginginkan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Sayangnya tanpa disadari masih banyak orang tua yang m...

Postingan Populer