Sabtu, 15 Agustus 2020

Tips Meningkatkan Minat Baca Pada Anak

                                          Foto: Pexels.com



Hai Sahabat Bunda!

Ada pepatah yang bilang, "Buku adalah Jendela Ilmu." Dan cara membukanya adalah dengan membaca. Oleh karena itu, membaca sangat penting. 

Sayangnya tingkat baca di Indonesia termasuk rendah. Tidak banyak orang yang suka membaca, apalagi anak-anak. Sebagian orang Indonesia lebih suka nonton film daripada membaca. Agak menyedihkan, ya?

Apa yang harus dilakukan orang tua untuk membangkitkan minat baca anak? Di bawah ini ada tipsnya.


1. Perkenalkan Buku Sejak Dini

Orang tua bisa mulai membacakan cerita kepada anak, sejak mereka masih bayi. Bila takut anak merusak bukunya, berikan buku yang terbuat dari kain agar aman. Dengan memperkenalkan buku sejak dini, akan membuat anak terbiasa dengan buku.


2. Bacakan Buku Secara Teratur

Bila memungkinkan, bacakan buku cerita setiap malam sebelum anak tidur. Bila tidak bisa, cukup buat acara membacakan buku beberapa kali dalam seminggu. Bacakan dengan intonasi dan suara yang jelas, sehingga anak bisa mempelajari kosa kata baru dari buku yang dibacakan. Anak juga belajar mengidentifikasi perasaan apa yang disampaikan dari kalimat-kalimatnya. 


3. Diskusikan Cerita dari Buku yang Dibaca

Bila anak sudah mulai mengerti, orang tua bisa mulai mengajak anak berdiskusi mengenai cerita yang sudah dibaca. Berikan pertanyaan-pertanyaan sederhana pada anak. Atau minta anak untuk menceritakan karakter dalam bukunya. Cerita di buku dapat juga dibuat tebak-tebakan dengan anak, atau anak menceritakan kembali dengan menggunakan bahasa anak sendiri. Dengan cara ini anak akan belajar mengekspresikan diri juga.


4. Retelling Stories 

Minta anak untuk melakukan retelling atau menceritakan kembali buku yang sudah dibacanya. Bila perlu, minta anak untuk mengembangkan lagi ceritanya, atau membuat cerita baru dengan tema yang sama. 


Nah, itulah beberapa tips agar anak jadi suka membaca. Semoga bermanfaat ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak

  Orang tua pasti menyayangi   dan menginginkan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Sayangnya tanpa disadari masih banyak orang tua yang m...

Postingan Populer